Soal Ujian Sertifikasi Keagenan Aaji Terbaru
Buat kalian yang mau mengikuti ujian sertifikasi untuk mendapatkan ijin menjadi distributor asuransi dari aaji, berikut Firman akan memperlihatkan kisi-kisi soal yang disertai dengan jawabannya.
Kisi-Kisi soal ujian AAJI berikut berlaku untuk mengikuti tes Sertifikasi AAJI untuk semua perusahaan Asuransi yang ada di Indonesia seperti, PRUDENTIAL, MANULIFE, BUMI PUTRA, AIA, ALLIANZ, AXA, dan lain-lain. Soal ini terdiri dari 80 soal.
PETUNJUK: Pilihlah salah satu dari pilihan jawaban yang berdasarkan anda paling tepat
1. Manakah pernyataan mengenai asuransi jiwa yang benar?
(1) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara tertanggung dengan jago waris
(2) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pihak yang memakai asuransi
(3) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara penanggung dan tertanggung
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Nomor 1 dan 2 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar
D. Nomor 1, 2 dan 3 benar
2. Dalam asuransi jiwa, keahlian seorang dokter adalah:
A. Aset yang unreliable
B. Aset nyata/tangible
C. Aset tidak berwujud/intangible
D. Aset tak berisiko
3. Kebakaran, banjir, gempa bumi, longsor, sakit, wabah penyakit, janjkematian merupakan teladan musibah yang akan menimbulkan:
A. Penurunan aset
B. Kenaikan aset
C. Tidak berpengaruh
D. Menambah jumlah penyakit
4. Law of Large Numbers diterapkan untuk:
A. Memprediksi jumlah premi berdasarkan nilai aset
B. Memprediksi jumlah kerugian yang sanggup terjadi untuk menentukan jumlah premi
C. Menentukan jumlah nasabah minimum untuk membuka polis
D. Menentukan jumlah kerugian yang sanggup terjadi terhadap sebuah polis
5. Sebuah risiko sanggup diasuransikan apabila mengikuti prinsip-prinsip di bawah ini, KECUALI:
A. Nasabah tidak mempunyai nilai ekonomis
B. Memungkinkan perusahaan menghitung kerugian secara finansial
C. Terdapat beberapa jenis risiko yang sama
D. Risiko yang ditanggung mempunyai kepentingan asuransi (insurable interest)
6. Risiko yang mana ditanggung asuransi jiwa?
(1) Cacat
(2) Sakit
(3) Pendapatan sehabis pensiun
A. Nomor 1 dan 2 yang benar
B. Nomor 1 dan 3 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar
D. Nomor 1,2 dan 3 benar
7. Polis Asuransi Umum (General Insurance) biasanya terbitkan:
A. Untuk sementara
B. Untuk jangka waktu pendek
C. Untuk jangka waktu panjang
D. Untuk jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang
8. Berikut yakni pernyataan yang paling sempurna perihal jangka waktu polis asuransi jiwa:
A. Perlindungan dari 1 (satu tahun) hingga kurang dari 10 tahun
B. Perlindungan kurang dari 1 (satu tahun)
C. Polis diterbitkan untuk jangka waktu usang beberapa tahun atau seumur hidup
D. Perlindungan lebih dari 3 tahun
9. Apa yang akan terjadi jikalau seorang tertanggung meninggal secara mendadak?
A. Kontrak perjanjian secara otomatis diperpanjang
B. Pihak keluarga akan mendapatkan sejumlah dana yang dijanjikan sesuai kontrak asuransi jiwa
C. Kontrak perjanjian secara otomatis dibatalkan
D. Pihak keluarga hanya menerima sejumlah dana yang dibayarkan sebanyak yang disetor ke perusahaan asuransi
10. Asuransi jiwa individu yakni produk finansial yang cocok dimiliki oleh nasabah, lantaran berkhasiat untuk:
A. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
B. Menjamin hari tua
C. Menghadapi risiko meninggal dunia
D. Investasi yang aman
11. Keuntungan lain dari asuransi jiwa tradisional adalah:
A. Satu-satunya investasi yang cocok untuk jangka pendek dan panjang
B. Paling likuid dibandingkan instrumen lainnya
C. Paling kondusif dibandingkan investasi lalinnya
D. Membantu gaya hidup hemat
12. Diantara pernyataan berikut yang TIDAK menggambarkan Asuransi Jiwa dan Kesejahteraan Masyarakat adalah:
A. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
B. Asuransi Jiwa sebagai tabungan
C. Asuransi Jiwa sebagai perlindungan negara
D. Asuransi Jiwa membuka banyak lowongan kerja
13. Berikut menggambarkan manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat, KECUALI:
A. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
B. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa sebagai forum sosial
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan
14. Asuransi jiwa merupakan bisnis yang mengkombinasikan banyak keahlian, hal ini termasuk dalam manfaat Asuransi Jiwa sebagai:
A. Asuransi Jiwa sebagai pengganti kegiatan jaring pengamanan sosial pemerintah
B. Asuransi Jiwa sebuah sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan
15. Ciri khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun:
(1) Proteksi menurun
(2) Cocok untuk perlindungan kredit
(3) Cocok untuk perlindungan biaya pendidikan
A. Pernyataan 1 dan 2 benar
B. Pernyataan 1 dan 3 benar
C. Pernyataan 2 dan 3 benar
D. Semua pernyataan benar
16. Biasanya produk asuransi jiwa pendidikan yakni dari:
A. Asuransi jiwa berjangka
B. Asuransi jiwa sumur hidup
C. Asuransi jiwa dwiguna
D. Asuransi jiwa berjangka menurun
17. Polis Asuransi Jiwa Berjangka adalah:
A. Polis dengan biaya rendah tanpa nilai tunai
B. Polis tanpa biaya dengan nilai tunai yang tinggi
C. Polis dengan harga premi yang tinggi
D. Polis yang mempunyai nilai tunai
18. Manakah pernyataan dibawah ini yang benar mengenai Polis Asuransi Jiwa Berjangka Tetap?
A. Biasanya dipakai untuk melunasi saldo pinjaman yang disebabkan kematian
B. Memberikan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup yang ditinggalkan
C. Polis asuransi jiwa yang paling sederhana
D. Memberikan kebebasan pembayaran premi kepada anak ketika orang tuanya meninggal dunia
19. Jika seorang kepala keluarga menginginkan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup/ahli waris yang ditinggalkan, maka yang bersangkutan harus membeli asuransi jiwa dengan:
A. Polis berjangka tetap
B. Polis berjangka renewalibility
C. Polis kerugian
D. Polis pendapatan keluarga
20. Ada dua jenis pembayaran premi pada polis asuransi jiwa berjangka seumur hidup, yaitu straight life policy dan limited payment whole life policy. Jika seseorang menentukan metode limited payment whole life policy, maka kondisi yang berkaitan adalah:
A. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin murah
B. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
C. Semakin panjang masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
D. Sama saja tergantung besarnya premi yang dibayar
21. Pada polis partisipasi, dividen dipakai untuk menambah jumlah klaim/uang pertanggungan yang dibayarkan pada ketika kematian. Hal ini dalam polis berjangka seumur hidup termasuk kedalam fitur:
A. Sum Assured
B. Gross Premium
C. Cash Value
D. Amount Payable
22. Modified Endowment Policy menjanjikan manfaat:
A. Lumpsum pada ketika tertanggung meninggal/akhir kontrak jikalau tertanggung masih hidup
B. Hanya pembayaran total/lumpsum pada ketika tertanggung meninggal
C. Jika penanggung masih hidup pada simpulan masa polis
D. Pembayaran terpola saja
23. Polis dwiguna mempunyai beberapa fitur, diantaranya adalah:
(1) Pinjaman (loan option)
(2) Periode tunjangan (protection period)
(3) Pindah ke polis lain (switch over option)
(4) Pembatalan polis (cancellation dwiguna)
A. Pernyataan 1, 3 benar
B. Pernyataan 2, 4 benar
C. Pernyataan 1,2,3 salah
D. Benar semua
24. Bila polis utama batal:
A. Rider menjadi suatu pilihan
B. Rider otomatis berhenti
C. Rider sanggup dilanjutkan
D. Rider sanggup diakumulasikan
25. Perusahaan asuransi jiwa membayarkan sejumlah uang kepada pemegang polis sesuai dengan kontrak dalam polisnya jawaban perawatan di rumah sakit, baik lantaran suatu penyakit maupun kecelakaan. Manfaat ini dari rider:
A. Cacat permanen (permanent disability rider)
B. Manfaat tambahan bebas premi (waiver of premium)
C. Tunjangan rumah sakit (hospitalization benefit)
D. Manfaat tambahan anak (children benefit)
26. Biaya, dalam perhitungan premi, adalah:
A. Nilai mata uang
B. Premi pokok pada asuransi
C. Jumlah kerugian jawaban dari kemungkinan timbulnya musibah dari pihak tertanggung
D. Pengeluaran untuk kantor, pajak, keuntungan dan biaya lainnya
27. Penetapan premi melibatkan hal-hal berikut:
(1) Biaya
(2) Tabel mortalitas
(3) Tingkat suku bunga
A. Hanya 1 dan 3 yang benar
B. Hanya 2 dan 3 yang benar
C. Faktor 1, 2 ,3 benar
D. Hanya 1 dan 2 yang benar
28. Berikut yakni salah satu faktor yang menjadi penentu besarnya premi:
A. Tingkat kelahiran pada tiap negara
B. Pendapatan perusahaan
C. Manfaat yang diperoleh
D. Semua benar
29. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai metode seleksi?
(1) Metode evaluasi tergantung pada evaluasi seseorang, sebuah ombudsman
(2) Sistem rating angka (numerical rating system) berkhasiat ketika terdapat banyak faktor yang dipertimbangkan
(3) Kurang dari 100% sanggup mewakili risiko substandard
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar
30. Apa definisi underwriting?
A. Penyeleksi dari risiko jiwa
B. Menentukan problem medis dan non medis
C. Proses dimana perusahaan asuransi memutuskan untuk menerbitkan polis
D. Proses untuk menentukan premi
31. Alternatif apa yang sanggup Anda sampaikan jikalau ada seorang nasabah yang ingin membatalkan polisnya lantaran mendadak memerlukan biaya?
A. Mengusahakan pinjaman pribadi Anda untuknya
B. Menawarkan nasabah pinjaman polis
C. Menutup polisnya tanpa tanya, takut menyinggung hatinya
D. Melaporkannya ke departemen legal
32. Mengapa distributor asuransi perlu memahami isi dokumen polis:
A. Mencerminkan integritas profesi Anda sebagai agen
B. Menjaga gambaran perusahaan yang diwakili
C. Agar bisa menandakan dengan baik kepada calon nasabah
D. Semua jawaban benar
33. Klausul Kontrak Keseluruhan adalah:
A. Kontrak terdiri dari polis saja
B. Kontrak terdiri dari proposal/application
C. Perusahaan sanggup mengubah isi kontrak
D. Kontrak terdiri dari polis dan salinan proposal/application
34. Kontrak yang berisi ketentuan-ketentuan hak dan kewajiban dari pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak biar mempunyai hukum yang terang disebut:
A. Klausul
B. Kontrak
C. Provisi
D. Premi
35. Ketentuan provisi untuk melindungi pemegang polis diantaranya adalah:
A. Klausul masa tenggang (grace period)
B. Free look period
C. Provisi yang sanggup diperbarui (renewal provision)
D. Semua benar
36. Pada ketika apa jago waris mendapatkan uang yang dijanjikan polis?
A. Ketika tertanggung meninggal dunia
B. Jika tertanggung masih hidup ketika polis berakhir
C. Ketika penanggung dan tertanggung meninggal
D. Jika semua tertanggung masih hidup pada ketika polis berakhir
37. Pilihan deviden tersedia bagi:
A. Bank
B. Ahli waris
C. Tertanggung
D. Penanggung
38. Adanya provisi berfungsi untuk melindungi perusahaan dan tertanggung. Klausul yang paling sempurna untuk pernyataan ini adalah:
A. Klausul tindakan bunuh diri
B. Klausul penundaan
C. Klausul pengecualian
D. Semua benar
39. Klausul pengecualian terdiri atas:
A. Pengecualian terhadap perubahan regulasi
B. Pengecualian terhadap penerbangan
C. Pengecualian terjadinya perang
D. Jawaban b dan c benar
40. Provisi dan ketentuan-ketentuan untuk melindungi perusahaan umumnya tercantum dalam:
A. Kwitansi
B. Polis (kontrak asuransi jiwa)
C. Surat permohonan asuransi
D. Semua salah
41. Apakah yang dimaksud dengan kontrak?
A. Perjanjian secara lisan
B. Pernyataan permohonan asuransi jiwa
C. Perjanjian mengikat yang legal
D. Perjanjian mengikat yang tidak legal
42. Kontrak asuransi jiwa secara otomatis berlaku jika:
A. Calon pemegang polis sudah menandatangani Surat Permintaan Asuransi
B. Calon pemegang polis sudah membayar Premi Pertama
C. Uang Premi sudah diserahkan konsultan pada perusahaan
D. Surat Permintaan Asuransi Jiwa sudah disetujui oleh Perusahaan Asuransi dan polisnya terbit
43. Seorang calon pemegang polis ingin mempertanggungkan tetangganya lantaran tetangganya sangat miskin:
A. Perusahaan Asuransi Jiwa menyetujui pertanggungan tersebut lantaran bersifat sosial
B. Perusahaan Asuransi Jiwa tidak mempermasalahkan asalkan premi dibayar
C. Agen akan semakin banyak mencari prospek ibarat di atas
D. Permohonan Calon Pemilik Polis niscaya ditolak perusahaan lantaran bukan hubungan saudara
44. Yang BUKAN merupakan dasar-dasar kontrak asuransi jiwa adalah:
A. Valued
B. Unilateral
C. Bilateral
D. Aleatory
45. Kontrak asuransi jiwa tidak sanggup dipindahkan ke orang lain, dalam dasar-dasar kontrak asuransi jiwa, hal ini disebut dengan:
A. Unilateral
B. Aleatory
C. Personal
D. Conditional
46. Pihak penanggung dan tertanggung sama-sama menerapkan niat baik, hal ini disebut:
A. Insurable interest
B. Unilateral
C. Aleatory
D. Utmost good faith
47. Apa arti dari investasi?
A. Membeli property
B. Menabung di bank
C. Membeli barang dan menjualnya lagi dengan lebih mahal
D. Menanamkan dana dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu dengan impian keuntungan di masa depan
48. Apa yang dimaksud dengan investasi?
A. Menanamkan uang atau modal
B. Mencari keuntungan
C. Menempatkan uang pada sebuah bank
D. Menyimpan uang
49. Bila Anda membeli sebuah pelengkap emas untuk tujuan investasi. Maka hal itu mempunyai tingkat likuiditas yang:
A. Likuiditas rendah
B. Likuiditas sedang
C. Likuiditas menengah
D. Likuiditas tinggi
50. Deposito Bank dari sebuah perusahaan asuransi sanggup ditarik:
A. Pada ketika jatuh tempo
B. Pada ketika penjualan deposito
C. Pada ketika pemiliknya meninggal
D. Pada ketika pembukaan deposito baru
51. Saham merupakan salah satu pilihan investasi, sedangkan pengertian saham itu sendiri adalah:
A. Bukti kepemilikan atas aset riil pada suatu perusahaan
B. Kupon bunga yang sanggup diuangkan setiap saat
C. Sejenis dengan deposito berjangka yang bunganya sanggup diambil
D. Pada ketika jatuh tempo maka tidak berhak mendapatkan dividen
52. Dalam investasi dikenal suatu prinsip High Risk High Return. Saham yakni termasuk dalam kategori:
A. High risk, low return
B. Low risk, high return
C. Low risk, low return
D. High risk, high return
53. Berdasarkan jangka waktunya, investasi sanggup dibagi menjadi investasi jangka panjang dan jangka pendek. Instrumen yang cocok untuk dana pensiun atau hari renta adalah:
A. Deposito
B. Valuta asing
C. Obligasi
D. Saham
54. Pengaruh faktor ekonomi dalam investasi meliputi:
A. Pendidikan, bahasa
B. Perang, invasi
C. Inflasi, bunga
D. Agama, suku
55. Kelemahan dana tunai adalah:
A. Risiko inflasi dan hasil investasi kecil
B. Umumnya mengacu pada obligasi pemerintah dan perusahaan
C. Jenis ini nasabah berisiko kehilangan dana jikalau investasinya jangka panjang
D. Keuntungan didapat dari kupon
56. Investor yang bersedia menambahkan dananya kedalam investasi yang seimbang dengan risiko dan bersedia menanggung risiko sedikit lebih besar untuk memperoleh keuntungan yang besar disebut kelompok:
A. Spekulatif/high risk taker
B. Konservatif/low risk taker
C. Neutral/medium risk taker
D. Jawaban a dan b benar
57. Dana investasi yang ideal bagi pemegang polis untuk mengumpulkan keuntungan yang lebih banyak sekaligus bersedia menanggung risiko:
A. Dana investai pengembalian rendah
B. Dana investasi pengembalian sedang
C. Dana investasi pengembalian tinggi
D. Jawaban a, b dan c benar
58. Berapa besar biaya mortalitas bulanan Polis Unit Link Reguler Premium yang mempunyai 2.485 unit jika: Offer Price Rp 420, Bid Offer selisih 5% selamanya. Uang Pertanggungan = Nilai Unit atau Rp 150 juta, mana yang lebih tinggi. Biaya tahunan tunjangan asuransi Rp 7,5/1000 Uang Pertanggungan. Biaya mortalitas bulanan = 1/12 dari biaya tahunan tunjangan asuransi.
A. Rp. 93.550,-
B. Rp. 97.350,-
C. Rp. 93.750,-
D. Rp. 95.750,-
*Cara mengerjakan:
Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan tunjangan asuransi x Uang Pertanggungan
Uang pertanggungan dalam soal yakni Nilai unit atau 150 juta, mana yang lebih tinggi
Nilai unit kita hitung dahulu:
Nilai unit = jumlah saldo unit x harga beli (bid price)
Dalam soal diiketahui harga jual (offer price) = Rp 420 dan bid offer selisih 5% selamanya
Bid price (harga beli) selalu lebih rendah nilainya dari offer price (harga jual) lantaran selisihnya 5% maka harga belinya yakni Rp 400.
Nilai unit = 2.485 x 400
= 994.000
Jika dibandingkan 994.000 dengan 150 juta maka lebih besar 150 juta
150 juta ini yang kita ambil sebagai angka Uang Pertanggungan
Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan tunjangan asuransi x Uang Pertanggungan
= 1/12 x 7,5/1000 x 150 juta
= Rp. 93.750,-
59. Selisih antara harga unit pada ketika masuk dengan harga ketika ini, harga terbaru disebut?
A. Net Aset Value
B. Top Up
C. Net accumulation value
D. Net Profit Accumulation
60. Terjadinya klaim lebih awal dimungkinkan ketika:
A. Pemegang polis meninggal dalam satu tahun dimulainya polis
B. Pemegang polis meninggal pada simpulan masa polis
C. Pemenang polis bertahan hidup hingga simpulan masa polis
D. Pemegang polis bertahan hidup sehabis satu tahun dari dimulainya polis
61. Perusahaan asuransi jiwa mengenal istilah survival benefit (manfaat kelangsungan hidup) dalam pembayaran klaim. Sebutkan manakah nama produk asuransi jiwa yang paling sesuai untuk memberlakukan survival benefit:
A. Asuransi hari tua
B. Asuransi berjangka
C. Asuransi seumur hidup
D. Asuransi beasiswa
62. Di bawah ini yakni rangkaian langkah-langkah mekanisme penjualan asuransi jiwa. Pilihlah rangkaian langkah mekanisme penjualan asuransi jiwa yang benar:
A. Pendekatan -- Layanan -- Wawancara Penyelesaian -- Pra-pendekatan Keberatan
B. Keberatan -- Layanan -- Pra-pendekatan -- Penyelesaian -- Wawancara -- Pendekatan
C. Pra-pendekatan -- Wawancara Pendekatan -- Keberatan -- Layanan -- Penyelesaian
D. Pra-pendekatan -- Pendekatan -- Wawancara -- Keberatan -- Penyelesaian -- Layanan
63. Menandai beberapa prospek berdasarkan kemampuan keuangan mereka merupakan suatu kegiatan dalam tahap:
A. Pra-pendekatan
B. Pendekatan
C. Wawancara
D. Layanan
64. Agen yang membantu pemegang polis membeli polis gres sedang melaksanakan pelayanan:
A. Reselling
B. Pemulihan
C. Pelayanan Klaim
D. Pengembangan prospek baru/referensi
65. Alasan distributor untuk selalu memperbarui sertifikat/lisensinya yakni agar:
A. Terpandang di industri
B. Meningkatkan rating perusahaan
C. Mengikuti perkembangan dunia asuransi
D. Mendapat banyak nasabah
66. Diantara pernyataan berikut ini, manakah yang menggambarkan jalur pemasaran dengan benar?
(1) Agen asuransi merupakan penggalan jalur pemasaran melalui perantara
(2) Investasi di bank merupakan jalur distribusi untuk anuitas
(3) Metode yang dipakai sebagai pemasaran eksklusif yakni melalui surat dan jaringan internet.
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar
67. Asuransi jiwa merupakan perjuangan bisnis penghimpunan dana masyarakat dan menyebarkan risiko. Berdasarkan pengertian tersebut maka prioritas pelayanan ditujukan kepada:
A. Pemegang saham
B. Agen asuransi/pemasar
C. Nasabah/pemegang polis
D. Seluruh masyarakat asuransi jiwa
68. Yang BUKAN termasuk dalam prinsip isyarat etik adalah:
A. Menghindari penyalah gunaan jabatan
B. Menghindari surplus yang berlebihan
C. Menghindari adanya konflik kepentingan pribadi
D. Menjalankan bisnis dengan niat baik dan integritas yang tinggi
69. Agen yang telah melanggar standar etik berarti telah melanggar tanggung jawab terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Asosiasi
D. Nasabah dan calon nasabah
70. Setelah polis diterbitkan, seorang distributor berusaha menemui nasabahnya biar polis segera diserahkan. Upaya ini merupakan tanggung jawab distributor terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Pemerintah
D. Nasabah dan calon nasabah
71. Menurut ketentuan mengenai Pajak Pendapatan, pembayaran yang dilakukan oleh penanggung kepada perseorangan yang mengikuti asuransi jiwa:
A. Tidak perlu membayar pajak
B. Dikenakan pajak sesuai ketentuan
C. Dapat memperoleh dispensasi pajak
D. Akan dikenakan pajak melalui perusahaan dimana ia bekerja
72. Transparansi gosip materi mengenai produk asuransi jiwa diungkap dalam:
A. Brosur
B. Polis
C. Halaman muka
D. Formulir pendaftaran
73. Faktor-faktor apa sajakah yang sanggup memperkuat industri/perusahaan asuransi:
A. Promosi yang besar dan gencar untuk menumbuhkan motivasi bagi agen
B. Pendidikan dan alih teknologi biar distributor semakin canggih
C. Penyampaian/presentasi produk yang terang dan purna jual yang detil kepada nasabah
D. Komisi yang lebih besar kepada agen, kepala unit dan kolektor
74. Sebutkan macam-macam Perusahaan Asuransi berdasarkan jenis risiko yang bisa ditanggungnya:
A. Semakin maju suatu bangsa, maka semakin banyak jenis perusahaan asuransi
B. Semakin banyak terjadi musibah pada suatu bangsa, semakin sedikit jenis perusahaan asuransi
C. Asuransi jiwa kehilangan income, asuransi kerugian hilang nilai, asuransi kesehatan
D. Asuransi jiwa risiko finansial, asuransi kerugian risiko ganti rugi
75. Menurut Anda, dimanakah seharusnya basis fungsi KYC (Know Your Customer):
A. Pencatatan
B. Kantor pusat
C. Aktuari
D. Pemasukan premi, khususnya agen
76. Tujuan dilakukannya tahap Wawancara dalam mekanisme pelayanan asuransi jiwa adalah:
A. Meraih kepercayaan nasabah
B. Menjawab keberatan-keberatan dari nasabah
C. Mendapatkan data dari nasabah
D. Memberikan solusi produk terhadap kebutuhan nasabah
77. Menghidupkan kembali polis yang sudah beberapa bulan tidak dibayar preminya, merupakan penggalan dari kegiatan:
A. Pelayanan klaim
B. Pelayanan reselling
C. Pelayanan pemulihan
D. Pelayanan pengembangan prospek baru/referensi
78. Bagaimana urutan proses yang benar untuk menjadi distributor di Indonesia?
A. 1. Registrasi untuk Belajar 2. Belajar 3. Mengikuti Ujian 4. Lulus Ujian 5. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
B. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Registrasi untuk Belajar 3. Belajar 4. Mengikuti Ujian 5. Lulus Ujian 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
C. 1. Belajar 2. Mengikuti Ujian 3. Lulus Ujian 4. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 5. Registrasi untuk Belajar 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
D. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 3. Registrasi untuk Belajar 4. Belajar 5. Mengikuti Ujian 6. Lulus Ujian 7. Perpanjang Lisensi
79. Apakah tujuan utama pemasaran asuransi jiwa?
A. Fokus pada pemeliharaan konsumen sehingga konsumen sanggup menemukan pasar yang stabil
B. Fokus pada perhatian konsumtif dan mendapatkan sejumlah dana maksimum dari produk yang ditawarkan
C. Fokus pada kebutuhan konsumen dan mencapai keuntungan melalui kepuasan konsumen
D. Fokus pada pemerolehan keuntungan sebagai alat utama dalam menilai keberadaan pasar
80. Industri asuransi jiwa secara teliti menyusun isyarat etik. Disamping menjalankan hukum main, tujuan simpulan isyarat etik tersebut adalah:
A. Meningkatkan jumlah nasabah secara signifikan
B. Meningkatkan ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku
C. Meningkatkan kesejahteraan pemegang polis
D. Meningkatkan loyalitas agen/pemasar
Kisi-kisi soal ujian sertifikasi keagenan AAJI
Kisi-Kisi soal ujian AAJI berikut berlaku untuk mengikuti tes Sertifikasi AAJI untuk semua perusahaan Asuransi yang ada di Indonesia seperti, PRUDENTIAL, MANULIFE, BUMI PUTRA, AIA, ALLIANZ, AXA, dan lain-lain. Soal ini terdiri dari 80 soal.
UNIT LINK EXAMINATION ASOSIASI ASURANSI JIWA INDONESIA
PETUNJUK: Pilihlah salah satu dari pilihan jawaban yang berdasarkan anda paling tepat
1. Manakah pernyataan mengenai asuransi jiwa yang benar?
(1) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara tertanggung dengan jago waris
(2) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pihak yang memakai asuransi
(3) Polis Asuransi Jiwa yakni perjanjian antara penanggung dan tertanggung
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Nomor 1 dan 2 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar
D. Nomor 1, 2 dan 3 benar
2. Dalam asuransi jiwa, keahlian seorang dokter adalah:
A. Aset yang unreliable
B. Aset nyata/tangible
C. Aset tidak berwujud/intangible
D. Aset tak berisiko
3. Kebakaran, banjir, gempa bumi, longsor, sakit, wabah penyakit, janjkematian merupakan teladan musibah yang akan menimbulkan:
A. Penurunan aset
B. Kenaikan aset
C. Tidak berpengaruh
D. Menambah jumlah penyakit
4. Law of Large Numbers diterapkan untuk:
A. Memprediksi jumlah premi berdasarkan nilai aset
B. Memprediksi jumlah kerugian yang sanggup terjadi untuk menentukan jumlah premi
C. Menentukan jumlah nasabah minimum untuk membuka polis
D. Menentukan jumlah kerugian yang sanggup terjadi terhadap sebuah polis
5. Sebuah risiko sanggup diasuransikan apabila mengikuti prinsip-prinsip di bawah ini, KECUALI:
A. Nasabah tidak mempunyai nilai ekonomis
B. Memungkinkan perusahaan menghitung kerugian secara finansial
C. Terdapat beberapa jenis risiko yang sama
D. Risiko yang ditanggung mempunyai kepentingan asuransi (insurable interest)
6. Risiko yang mana ditanggung asuransi jiwa?
(1) Cacat
(2) Sakit
(3) Pendapatan sehabis pensiun
A. Nomor 1 dan 2 yang benar
B. Nomor 1 dan 3 yang benar
C. Nomor 2 dan 3 yang benar
D. Nomor 1,2 dan 3 benar
7. Polis Asuransi Umum (General Insurance) biasanya terbitkan:
A. Untuk sementara
B. Untuk jangka waktu pendek
C. Untuk jangka waktu panjang
D. Untuk jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang
8. Berikut yakni pernyataan yang paling sempurna perihal jangka waktu polis asuransi jiwa:
A. Perlindungan dari 1 (satu tahun) hingga kurang dari 10 tahun
B. Perlindungan kurang dari 1 (satu tahun)
C. Polis diterbitkan untuk jangka waktu usang beberapa tahun atau seumur hidup
D. Perlindungan lebih dari 3 tahun
9. Apa yang akan terjadi jikalau seorang tertanggung meninggal secara mendadak?
A. Kontrak perjanjian secara otomatis diperpanjang
B. Pihak keluarga akan mendapatkan sejumlah dana yang dijanjikan sesuai kontrak asuransi jiwa
C. Kontrak perjanjian secara otomatis dibatalkan
D. Pihak keluarga hanya menerima sejumlah dana yang dibayarkan sebanyak yang disetor ke perusahaan asuransi
10. Asuransi jiwa individu yakni produk finansial yang cocok dimiliki oleh nasabah, lantaran berkhasiat untuk:
A. Mendapatkan keuntungan yang maksimal
B. Menjamin hari tua
C. Menghadapi risiko meninggal dunia
D. Investasi yang aman
11. Keuntungan lain dari asuransi jiwa tradisional adalah:
A. Satu-satunya investasi yang cocok untuk jangka pendek dan panjang
B. Paling likuid dibandingkan instrumen lainnya
C. Paling kondusif dibandingkan investasi lalinnya
D. Membantu gaya hidup hemat
12. Diantara pernyataan berikut yang TIDAK menggambarkan Asuransi Jiwa dan Kesejahteraan Masyarakat adalah:
A. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
B. Asuransi Jiwa sebagai tabungan
C. Asuransi Jiwa sebagai perlindungan negara
D. Asuransi Jiwa membuka banyak lowongan kerja
13. Berikut menggambarkan manfaat asuransi jiwa bagi masyarakat, KECUALI:
A. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
B. Asuransi Jiwa sebagai sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa sebagai forum sosial
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan
14. Asuransi jiwa merupakan bisnis yang mengkombinasikan banyak keahlian, hal ini termasuk dalam manfaat Asuransi Jiwa sebagai:
A. Asuransi Jiwa sebagai pengganti kegiatan jaring pengamanan sosial pemerintah
B. Asuransi Jiwa sebuah sumber keuangan
C. Asuransi Jiwa dan stabilitas masyarakat
D. Asuransi Jiwa dan lowongan pekerjaan
15. Ciri khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun:
(1) Proteksi menurun
(2) Cocok untuk perlindungan kredit
(3) Cocok untuk perlindungan biaya pendidikan
A. Pernyataan 1 dan 2 benar
B. Pernyataan 1 dan 3 benar
C. Pernyataan 2 dan 3 benar
D. Semua pernyataan benar
16. Biasanya produk asuransi jiwa pendidikan yakni dari:
A. Asuransi jiwa berjangka
B. Asuransi jiwa sumur hidup
C. Asuransi jiwa dwiguna
D. Asuransi jiwa berjangka menurun
17. Polis Asuransi Jiwa Berjangka adalah:
A. Polis dengan biaya rendah tanpa nilai tunai
B. Polis tanpa biaya dengan nilai tunai yang tinggi
C. Polis dengan harga premi yang tinggi
D. Polis yang mempunyai nilai tunai
18. Manakah pernyataan dibawah ini yang benar mengenai Polis Asuransi Jiwa Berjangka Tetap?
A. Biasanya dipakai untuk melunasi saldo pinjaman yang disebabkan kematian
B. Memberikan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup yang ditinggalkan
C. Polis asuransi jiwa yang paling sederhana
D. Memberikan kebebasan pembayaran premi kepada anak ketika orang tuanya meninggal dunia
19. Jika seorang kepala keluarga menginginkan pendapatan bulanan kepada pasangan hidup/ahli waris yang ditinggalkan, maka yang bersangkutan harus membeli asuransi jiwa dengan:
A. Polis berjangka tetap
B. Polis berjangka renewalibility
C. Polis kerugian
D. Polis pendapatan keluarga
20. Ada dua jenis pembayaran premi pada polis asuransi jiwa berjangka seumur hidup, yaitu straight life policy dan limited payment whole life policy. Jika seseorang menentukan metode limited payment whole life policy, maka kondisi yang berkaitan adalah:
A. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin murah
B. Semakin pendek masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
C. Semakin panjang masa pembayaran, maka premi yang dibayar semakin mahal
D. Sama saja tergantung besarnya premi yang dibayar
21. Pada polis partisipasi, dividen dipakai untuk menambah jumlah klaim/uang pertanggungan yang dibayarkan pada ketika kematian. Hal ini dalam polis berjangka seumur hidup termasuk kedalam fitur:
A. Sum Assured
B. Gross Premium
C. Cash Value
D. Amount Payable
22. Modified Endowment Policy menjanjikan manfaat:
A. Lumpsum pada ketika tertanggung meninggal/akhir kontrak jikalau tertanggung masih hidup
B. Hanya pembayaran total/lumpsum pada ketika tertanggung meninggal
C. Jika penanggung masih hidup pada simpulan masa polis
D. Pembayaran terpola saja
23. Polis dwiguna mempunyai beberapa fitur, diantaranya adalah:
(1) Pinjaman (loan option)
(2) Periode tunjangan (protection period)
(3) Pindah ke polis lain (switch over option)
(4) Pembatalan polis (cancellation dwiguna)
A. Pernyataan 1, 3 benar
B. Pernyataan 2, 4 benar
C. Pernyataan 1,2,3 salah
D. Benar semua
24. Bila polis utama batal:
A. Rider menjadi suatu pilihan
B. Rider otomatis berhenti
C. Rider sanggup dilanjutkan
D. Rider sanggup diakumulasikan
25. Perusahaan asuransi jiwa membayarkan sejumlah uang kepada pemegang polis sesuai dengan kontrak dalam polisnya jawaban perawatan di rumah sakit, baik lantaran suatu penyakit maupun kecelakaan. Manfaat ini dari rider:
A. Cacat permanen (permanent disability rider)
B. Manfaat tambahan bebas premi (waiver of premium)
C. Tunjangan rumah sakit (hospitalization benefit)
D. Manfaat tambahan anak (children benefit)
26. Biaya, dalam perhitungan premi, adalah:
A. Nilai mata uang
B. Premi pokok pada asuransi
C. Jumlah kerugian jawaban dari kemungkinan timbulnya musibah dari pihak tertanggung
D. Pengeluaran untuk kantor, pajak, keuntungan dan biaya lainnya
27. Penetapan premi melibatkan hal-hal berikut:
(1) Biaya
(2) Tabel mortalitas
(3) Tingkat suku bunga
A. Hanya 1 dan 3 yang benar
B. Hanya 2 dan 3 yang benar
C. Faktor 1, 2 ,3 benar
D. Hanya 1 dan 2 yang benar
28. Berikut yakni salah satu faktor yang menjadi penentu besarnya premi:
A. Tingkat kelahiran pada tiap negara
B. Pendapatan perusahaan
C. Manfaat yang diperoleh
D. Semua benar
29. Manakah pernyataan yang benar berikut ini mengenai metode seleksi?
(1) Metode evaluasi tergantung pada evaluasi seseorang, sebuah ombudsman
(2) Sistem rating angka (numerical rating system) berkhasiat ketika terdapat banyak faktor yang dipertimbangkan
(3) Kurang dari 100% sanggup mewakili risiko substandard
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar
30. Apa definisi underwriting?
A. Penyeleksi dari risiko jiwa
B. Menentukan problem medis dan non medis
C. Proses dimana perusahaan asuransi memutuskan untuk menerbitkan polis
D. Proses untuk menentukan premi
31. Alternatif apa yang sanggup Anda sampaikan jikalau ada seorang nasabah yang ingin membatalkan polisnya lantaran mendadak memerlukan biaya?
A. Mengusahakan pinjaman pribadi Anda untuknya
B. Menawarkan nasabah pinjaman polis
C. Menutup polisnya tanpa tanya, takut menyinggung hatinya
D. Melaporkannya ke departemen legal
32. Mengapa distributor asuransi perlu memahami isi dokumen polis:
A. Mencerminkan integritas profesi Anda sebagai agen
B. Menjaga gambaran perusahaan yang diwakili
C. Agar bisa menandakan dengan baik kepada calon nasabah
D. Semua jawaban benar
33. Klausul Kontrak Keseluruhan adalah:
A. Kontrak terdiri dari polis saja
B. Kontrak terdiri dari proposal/application
C. Perusahaan sanggup mengubah isi kontrak
D. Kontrak terdiri dari polis dan salinan proposal/application
34. Kontrak yang berisi ketentuan-ketentuan hak dan kewajiban dari pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak biar mempunyai hukum yang terang disebut:
A. Klausul
B. Kontrak
C. Provisi
D. Premi
35. Ketentuan provisi untuk melindungi pemegang polis diantaranya adalah:
A. Klausul masa tenggang (grace period)
B. Free look period
C. Provisi yang sanggup diperbarui (renewal provision)
D. Semua benar
36. Pada ketika apa jago waris mendapatkan uang yang dijanjikan polis?
A. Ketika tertanggung meninggal dunia
B. Jika tertanggung masih hidup ketika polis berakhir
C. Ketika penanggung dan tertanggung meninggal
D. Jika semua tertanggung masih hidup pada ketika polis berakhir
37. Pilihan deviden tersedia bagi:
A. Bank
B. Ahli waris
C. Tertanggung
D. Penanggung
38. Adanya provisi berfungsi untuk melindungi perusahaan dan tertanggung. Klausul yang paling sempurna untuk pernyataan ini adalah:
A. Klausul tindakan bunuh diri
B. Klausul penundaan
C. Klausul pengecualian
D. Semua benar
39. Klausul pengecualian terdiri atas:
A. Pengecualian terhadap perubahan regulasi
B. Pengecualian terhadap penerbangan
C. Pengecualian terjadinya perang
D. Jawaban b dan c benar
40. Provisi dan ketentuan-ketentuan untuk melindungi perusahaan umumnya tercantum dalam:
A. Kwitansi
B. Polis (kontrak asuransi jiwa)
C. Surat permohonan asuransi
D. Semua salah
41. Apakah yang dimaksud dengan kontrak?
A. Perjanjian secara lisan
B. Pernyataan permohonan asuransi jiwa
C. Perjanjian mengikat yang legal
D. Perjanjian mengikat yang tidak legal
42. Kontrak asuransi jiwa secara otomatis berlaku jika:
A. Calon pemegang polis sudah menandatangani Surat Permintaan Asuransi
B. Calon pemegang polis sudah membayar Premi Pertama
C. Uang Premi sudah diserahkan konsultan pada perusahaan
D. Surat Permintaan Asuransi Jiwa sudah disetujui oleh Perusahaan Asuransi dan polisnya terbit
43. Seorang calon pemegang polis ingin mempertanggungkan tetangganya lantaran tetangganya sangat miskin:
A. Perusahaan Asuransi Jiwa menyetujui pertanggungan tersebut lantaran bersifat sosial
B. Perusahaan Asuransi Jiwa tidak mempermasalahkan asalkan premi dibayar
C. Agen akan semakin banyak mencari prospek ibarat di atas
D. Permohonan Calon Pemilik Polis niscaya ditolak perusahaan lantaran bukan hubungan saudara
44. Yang BUKAN merupakan dasar-dasar kontrak asuransi jiwa adalah:
A. Valued
B. Unilateral
C. Bilateral
D. Aleatory
45. Kontrak asuransi jiwa tidak sanggup dipindahkan ke orang lain, dalam dasar-dasar kontrak asuransi jiwa, hal ini disebut dengan:
A. Unilateral
B. Aleatory
C. Personal
D. Conditional
46. Pihak penanggung dan tertanggung sama-sama menerapkan niat baik, hal ini disebut:
A. Insurable interest
B. Unilateral
C. Aleatory
D. Utmost good faith
47. Apa arti dari investasi?
A. Membeli property
B. Menabung di bank
C. Membeli barang dan menjualnya lagi dengan lebih mahal
D. Menanamkan dana dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu dengan impian keuntungan di masa depan
48. Apa yang dimaksud dengan investasi?
A. Menanamkan uang atau modal
B. Mencari keuntungan
C. Menempatkan uang pada sebuah bank
D. Menyimpan uang
49. Bila Anda membeli sebuah pelengkap emas untuk tujuan investasi. Maka hal itu mempunyai tingkat likuiditas yang:
A. Likuiditas rendah
B. Likuiditas sedang
C. Likuiditas menengah
D. Likuiditas tinggi
50. Deposito Bank dari sebuah perusahaan asuransi sanggup ditarik:
A. Pada ketika jatuh tempo
B. Pada ketika penjualan deposito
C. Pada ketika pemiliknya meninggal
D. Pada ketika pembukaan deposito baru
51. Saham merupakan salah satu pilihan investasi, sedangkan pengertian saham itu sendiri adalah:
A. Bukti kepemilikan atas aset riil pada suatu perusahaan
B. Kupon bunga yang sanggup diuangkan setiap saat
C. Sejenis dengan deposito berjangka yang bunganya sanggup diambil
D. Pada ketika jatuh tempo maka tidak berhak mendapatkan dividen
52. Dalam investasi dikenal suatu prinsip High Risk High Return. Saham yakni termasuk dalam kategori:
A. High risk, low return
B. Low risk, high return
C. Low risk, low return
D. High risk, high return
53. Berdasarkan jangka waktunya, investasi sanggup dibagi menjadi investasi jangka panjang dan jangka pendek. Instrumen yang cocok untuk dana pensiun atau hari renta adalah:
A. Deposito
B. Valuta asing
C. Obligasi
D. Saham
54. Pengaruh faktor ekonomi dalam investasi meliputi:
A. Pendidikan, bahasa
B. Perang, invasi
C. Inflasi, bunga
D. Agama, suku
55. Kelemahan dana tunai adalah:
A. Risiko inflasi dan hasil investasi kecil
B. Umumnya mengacu pada obligasi pemerintah dan perusahaan
C. Jenis ini nasabah berisiko kehilangan dana jikalau investasinya jangka panjang
D. Keuntungan didapat dari kupon
56. Investor yang bersedia menambahkan dananya kedalam investasi yang seimbang dengan risiko dan bersedia menanggung risiko sedikit lebih besar untuk memperoleh keuntungan yang besar disebut kelompok:
A. Spekulatif/high risk taker
B. Konservatif/low risk taker
C. Neutral/medium risk taker
D. Jawaban a dan b benar
57. Dana investasi yang ideal bagi pemegang polis untuk mengumpulkan keuntungan yang lebih banyak sekaligus bersedia menanggung risiko:
A. Dana investai pengembalian rendah
B. Dana investasi pengembalian sedang
C. Dana investasi pengembalian tinggi
D. Jawaban a, b dan c benar
58. Berapa besar biaya mortalitas bulanan Polis Unit Link Reguler Premium yang mempunyai 2.485 unit jika: Offer Price Rp 420, Bid Offer selisih 5% selamanya. Uang Pertanggungan = Nilai Unit atau Rp 150 juta, mana yang lebih tinggi. Biaya tahunan tunjangan asuransi Rp 7,5/1000 Uang Pertanggungan. Biaya mortalitas bulanan = 1/12 dari biaya tahunan tunjangan asuransi.
A. Rp. 93.550,-
B. Rp. 97.350,-
C. Rp. 93.750,-
D. Rp. 95.750,-
*Cara mengerjakan:
Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan tunjangan asuransi x Uang Pertanggungan
Uang pertanggungan dalam soal yakni Nilai unit atau 150 juta, mana yang lebih tinggi
Nilai unit kita hitung dahulu:
Nilai unit = jumlah saldo unit x harga beli (bid price)
Dalam soal diiketahui harga jual (offer price) = Rp 420 dan bid offer selisih 5% selamanya
Bid price (harga beli) selalu lebih rendah nilainya dari offer price (harga jual) lantaran selisihnya 5% maka harga belinya yakni Rp 400.
Nilai unit = 2.485 x 400
= 994.000
Jika dibandingkan 994.000 dengan 150 juta maka lebih besar 150 juta
150 juta ini yang kita ambil sebagai angka Uang Pertanggungan
Biaya mortalitas bulanan = 1/12 x Biaya tahunan tunjangan asuransi x Uang Pertanggungan
= 1/12 x 7,5/1000 x 150 juta
= Rp. 93.750,-
59. Selisih antara harga unit pada ketika masuk dengan harga ketika ini, harga terbaru disebut?
A. Net Aset Value
B. Top Up
C. Net accumulation value
D. Net Profit Accumulation
60. Terjadinya klaim lebih awal dimungkinkan ketika:
A. Pemegang polis meninggal dalam satu tahun dimulainya polis
B. Pemegang polis meninggal pada simpulan masa polis
C. Pemenang polis bertahan hidup hingga simpulan masa polis
D. Pemegang polis bertahan hidup sehabis satu tahun dari dimulainya polis
61. Perusahaan asuransi jiwa mengenal istilah survival benefit (manfaat kelangsungan hidup) dalam pembayaran klaim. Sebutkan manakah nama produk asuransi jiwa yang paling sesuai untuk memberlakukan survival benefit:
A. Asuransi hari tua
B. Asuransi berjangka
C. Asuransi seumur hidup
D. Asuransi beasiswa
62. Di bawah ini yakni rangkaian langkah-langkah mekanisme penjualan asuransi jiwa. Pilihlah rangkaian langkah mekanisme penjualan asuransi jiwa yang benar:
A. Pendekatan -- Layanan -- Wawancara Penyelesaian -- Pra-pendekatan Keberatan
B. Keberatan -- Layanan -- Pra-pendekatan -- Penyelesaian -- Wawancara -- Pendekatan
C. Pra-pendekatan -- Wawancara Pendekatan -- Keberatan -- Layanan -- Penyelesaian
D. Pra-pendekatan -- Pendekatan -- Wawancara -- Keberatan -- Penyelesaian -- Layanan
63. Menandai beberapa prospek berdasarkan kemampuan keuangan mereka merupakan suatu kegiatan dalam tahap:
A. Pra-pendekatan
B. Pendekatan
C. Wawancara
D. Layanan
64. Agen yang membantu pemegang polis membeli polis gres sedang melaksanakan pelayanan:
A. Reselling
B. Pemulihan
C. Pelayanan Klaim
D. Pengembangan prospek baru/referensi
65. Alasan distributor untuk selalu memperbarui sertifikat/lisensinya yakni agar:
A. Terpandang di industri
B. Meningkatkan rating perusahaan
C. Mengikuti perkembangan dunia asuransi
D. Mendapat banyak nasabah
66. Diantara pernyataan berikut ini, manakah yang menggambarkan jalur pemasaran dengan benar?
(1) Agen asuransi merupakan penggalan jalur pemasaran melalui perantara
(2) Investasi di bank merupakan jalur distribusi untuk anuitas
(3) Metode yang dipakai sebagai pemasaran eksklusif yakni melalui surat dan jaringan internet.
A. Hanya nomor 1 yang benar
B. Hanya nomor 2 yang benar
C. Nomor 1 dan 3 benar
D. Nomor 2 dan 3 benar
67. Asuransi jiwa merupakan perjuangan bisnis penghimpunan dana masyarakat dan menyebarkan risiko. Berdasarkan pengertian tersebut maka prioritas pelayanan ditujukan kepada:
A. Pemegang saham
B. Agen asuransi/pemasar
C. Nasabah/pemegang polis
D. Seluruh masyarakat asuransi jiwa
68. Yang BUKAN termasuk dalam prinsip isyarat etik adalah:
A. Menghindari penyalah gunaan jabatan
B. Menghindari surplus yang berlebihan
C. Menghindari adanya konflik kepentingan pribadi
D. Menjalankan bisnis dengan niat baik dan integritas yang tinggi
69. Agen yang telah melanggar standar etik berarti telah melanggar tanggung jawab terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Asosiasi
D. Nasabah dan calon nasabah
70. Setelah polis diterbitkan, seorang distributor berusaha menemui nasabahnya biar polis segera diserahkan. Upaya ini merupakan tanggung jawab distributor terhadap:
A. Diri sendiri/profesi
B. Perusahaan
C. Pemerintah
D. Nasabah dan calon nasabah
71. Menurut ketentuan mengenai Pajak Pendapatan, pembayaran yang dilakukan oleh penanggung kepada perseorangan yang mengikuti asuransi jiwa:
A. Tidak perlu membayar pajak
B. Dikenakan pajak sesuai ketentuan
C. Dapat memperoleh dispensasi pajak
D. Akan dikenakan pajak melalui perusahaan dimana ia bekerja
72. Transparansi gosip materi mengenai produk asuransi jiwa diungkap dalam:
A. Brosur
B. Polis
C. Halaman muka
D. Formulir pendaftaran
73. Faktor-faktor apa sajakah yang sanggup memperkuat industri/perusahaan asuransi:
A. Promosi yang besar dan gencar untuk menumbuhkan motivasi bagi agen
B. Pendidikan dan alih teknologi biar distributor semakin canggih
C. Penyampaian/presentasi produk yang terang dan purna jual yang detil kepada nasabah
D. Komisi yang lebih besar kepada agen, kepala unit dan kolektor
74. Sebutkan macam-macam Perusahaan Asuransi berdasarkan jenis risiko yang bisa ditanggungnya:
A. Semakin maju suatu bangsa, maka semakin banyak jenis perusahaan asuransi
B. Semakin banyak terjadi musibah pada suatu bangsa, semakin sedikit jenis perusahaan asuransi
C. Asuransi jiwa kehilangan income, asuransi kerugian hilang nilai, asuransi kesehatan
D. Asuransi jiwa risiko finansial, asuransi kerugian risiko ganti rugi
75. Menurut Anda, dimanakah seharusnya basis fungsi KYC (Know Your Customer):
A. Pencatatan
B. Kantor pusat
C. Aktuari
D. Pemasukan premi, khususnya agen
76. Tujuan dilakukannya tahap Wawancara dalam mekanisme pelayanan asuransi jiwa adalah:
A. Meraih kepercayaan nasabah
B. Menjawab keberatan-keberatan dari nasabah
C. Mendapatkan data dari nasabah
D. Memberikan solusi produk terhadap kebutuhan nasabah
77. Menghidupkan kembali polis yang sudah beberapa bulan tidak dibayar preminya, merupakan penggalan dari kegiatan:
A. Pelayanan klaim
B. Pelayanan reselling
C. Pelayanan pemulihan
D. Pelayanan pengembangan prospek baru/referensi
78. Bagaimana urutan proses yang benar untuk menjadi distributor di Indonesia?
A. 1. Registrasi untuk Belajar 2. Belajar 3. Mengikuti Ujian 4. Lulus Ujian 5. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
B. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Registrasi untuk Belajar 3. Belajar 4. Mengikuti Ujian 5. Lulus Ujian 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
C. 1. Belajar 2. Mengikuti Ujian 3. Lulus Ujian 4. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 5. Registrasi untuk Belajar 6. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 7. Perpanjang Lisensi
D. 1. Direkrut Perusahaan/Peragenan Asuransi 2. Mendapat Sertifikat dan Kartu Lisensi Penuh 3. Registrasi untuk Belajar 4. Belajar 5. Mengikuti Ujian 6. Lulus Ujian 7. Perpanjang Lisensi
79. Apakah tujuan utama pemasaran asuransi jiwa?
A. Fokus pada pemeliharaan konsumen sehingga konsumen sanggup menemukan pasar yang stabil
B. Fokus pada perhatian konsumtif dan mendapatkan sejumlah dana maksimum dari produk yang ditawarkan
C. Fokus pada kebutuhan konsumen dan mencapai keuntungan melalui kepuasan konsumen
D. Fokus pada pemerolehan keuntungan sebagai alat utama dalam menilai keberadaan pasar
80. Industri asuransi jiwa secara teliti menyusun isyarat etik. Disamping menjalankan hukum main, tujuan simpulan isyarat etik tersebut adalah:
A. Meningkatkan jumlah nasabah secara signifikan
B. Meningkatkan ketaatan terhadap ketentuan yang berlaku
C. Meningkatkan kesejahteraan pemegang polis
D. Meningkatkan loyalitas agen/pemasar
SEMOGA SUKSES