Pengenalan Dasar Balanced Scorecard

The balanced scorecard (BSC) yakni perencanaan strategis dan sistem administrasi yang dipakai organisasi untuk:
  • Sampaikan apa yang ingin mereka capai
  • Selaraskan pekerjaan sehari-hari yang semua orang lakukan dengan strategi
  • Prioritaskan proyek, produk, dan layanan
  • Ukur dan pantau kemajuan menuju sasaran strategis (KPI)


BacaJuga: Balanced Scorecard Akuntansi Manajemen

Sistem ini menghubungkan titik-titik antara elemen seni administrasi citra besar menyerupai misi (tujuan kita), visi (apa yang kita cita-citakan), nilai-nilai inti (apa yang kita yakini), area fokus strategis (tema, hasil dan / atau tujuan) dan lebih banyak lagi elemen operasional menyerupai tujuan (kegiatan peningkatan berkelanjutan), tindakan (atau indikator kinerja utama, atau KPI, yang melacak kinerja strategis), sasaran (tingkat kinerja yang diinginkan), dan inisiatif (proyek yang membantu perusahaan mencapai targetnya), termasuk didalamnya mengenai imbas balanced scorecard terhadap kinerja karyawan.


 yakni perencanaan strategis dan sistem administrasi yang dipakai organisasi untuk Pengenalan Dasar Balanced Scorecard



Siapa yang Menerapkan Balanced Scorecard (BSC)


BSC diterapkan secara luas dalam bisnis dan industri, pemerintah, dan organisasi nirlaba di seluruh dunia. Gartner Group memperlihatkan bahwa lebih dari 50% perusahaan besar AS telah mengadopsi BSC dengan melihat imbas penerapan balanced scorecard terhadap kinerja keuangan perusahaan. Lebih dari separuh perusahaan besar di AS, Eropa, dan Asia memakai BSC, dengan penggunaan yang tumbuh di daerah-daerah tersebut serta di Timur Tengah dan Afrika. Sebuah studi global baru-baru ini oleh Bain & Co mencatat balanced scorecard berada diurutan kelima pada sepuluh alat administrasi paling banyak dipakai di seluruh dunia, daftar yang meliputi perencanaan strategis yang berkaitan erat di nomor satu. BSC juga telah dipilih oleh editor Harvard Business Review sebagai salah satu wangsit bisnis paling kuat selama 75 tahun terakhir.


Terminologi BSC: Perspektif


BSC menyarankan bahwa kita memandang organisasi dari empat perspektif, dan untuk menyebarkan tujuan, ukuran (KPI), target, dan inisiatif (tindakan) relatif terhadap masing-masing sudut pandang ini:
  1. Keuangan: sering berganti nama Stewardship atau nama lain yang lebih sempurna di sektor publik, perspektif ini memandang kinerja keuangan organisasi dan penggunaan sumber daya keuangan
  2. Pelanggan / Pemangku Kepentingan: perspektif ini memandang kinerja organisasi dari sudut pandang pelanggan atau pemangku kepentingan kunci lainnya yang dirancang untuk dilayani oleh organisasi
  3. Proses Internal: memandang kinerja organisasi melalui lensa kualitas dan efisiensi yang terkait dengan produk atau layanan kami atau proses bisnis utama lainnya
  4. Kapasitas Organisasi (awalnya disebut Pembelajaran dan Pertumbuhan): memandang kinerja organisasi melalui lensa modal manusia, infrastruktur, teknologi, budaya, dan kapasitas lain yang merupakan kunci bagi kinerja terobosan


Terminologi BSC: Tujuan Strategis


Tujuan Strategis yakni kegiatan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) yang harus kita lakukan untuk menerapkan strategi. Memecah konsep yang lebih abnormal menyerupai misi dan visi menjadi langkah-langkah yang bisa ditindaklanjuti. Tindakan yang diambil organisasi harus membantu mencapai tujuan strategis Anda. Contoh penerapan Balanced Scorecard mungkin termasuk: Meningkatkan Pendapatan, Meningkatkan Pengalaman Pelanggan atau Pemangku Kepentingan, atau Meningkatkan Efektivitas Biaya.


Mungkin Anda tertarik: Penerapan Strategi Parusahaan - Hoshin Kanri adalah


Terminologi BSC: Pemetaan Strategi


Salah satu elemen yang paling kuat dalam metodologi BSC yakni penggunaan pemetaan seni administrasi untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan bagaimana nilai dibentuk oleh organisasi dalam penerapan lean di perusahaan Anda akan mengenal Value Stream Mapping. Peta seni administrasi yakni grafik sederhana yang memperlihatkan hubungan logis, sebab-akibat antara tujuan strategis (ditampilkan sebagai oval pada peta). Secara umum, meningkatkan kinerja dalam tujuan yang ditemukan dalam perspektif Kapasitas Organisasi (baris bawah) memungkinkan organisasi untuk meningkatkan perspektif Proses Internal (baris berikutnya), yang, pada gilirannya, memungkinkan organisasi untuk membuat hasil yang diinginkan dalam Pelanggan. dan Perspektif keuangan (dua baris teratas).


Kunjungi Juga: 


Terminologi BSC: Ukuran (Indikator Kinerja Utama)


Untuk setiap tujuan pada peta strategi, setidaknya satu ukuran atau Key Performance Indicator (KPI) akan diidentifikasi dan dilacak dari waktu ke waktu. KPI memperlihatkan kemajuan menuju hasil yang diinginkan. KPI strategis memonitor implementasi dan efektivitas seni administrasi organisasi, memilih kesenjangan antara kinerja faktual dan sasaran dan memilih efektivitas organisasi dan efisiensi operasional.


KPI yang bagus:
  • Berikan cara yang obyektif untuk melihat apakah seni administrasi berhasil
  • Tawarkan perbandingan yang mengukur tingkat perubahan kinerja dari waktu ke waktu
  • Fokus perhatian karyawan pada hal yang paling penting untuk sukses
  • Biarkan pengukuran prestasi, bukan hanya pekerjaan yang dilakukan
  • Sediakan bahasa umum untuk komunikasi
  • Bantu mengurangi ketidakpastian yang tak terlihat


Terminologi BSC: Cascading


Mencantumkan scorecard yang seimbang berarti menerjemahkan scorecard skala perusahaan (disebut sebagai Tingkat 1) ke unit bisnis pertama, unit atau departemen pendukung (Tingkat 2) dan kemudian tim atau individu (Tingkat 3). Hasil alhasil harus fokus di semua tingkat organisasi yang konsisten. Penyelarasan organisasi harus terperinci terlihat melalui strategi, memakai peta strategi, ukuran kinerja dan target, dan inisiatif. Scorecard harus dipakai untuk meningkatkan akuntabilitas melalui kepemilikan ukuran objektif dan kinerja, dan sikap karyawan yang diinginkan harus diberi insentif dengan legalisasi dan penghargaan.


Strategi Cascading memfokuskan seluruh organisasi pada seni administrasi dan membuat line-of-sight antara pekerjaan yang dilakukan orang dan hasil yang diinginkan tingkat tinggi. Ketika sistem administrasi mengalir turun melalui organisasi, tujuan menjadi lebih operasional dan taktis, menyerupai halnya ukuran kinerja. Akuntabilitas mengikuti tujuan dan ukuran, lantaran kepemilikan didefinisikan di setiap tingkat. Penekanan pada hasil dan seni administrasi yang diharapkan untuk menghasilkan hasil dikomunikasikan di seluruh organisasi. Langkah penyelarasan ini sangat penting untuk menjadi organisasi yang berfokus pada strategi.


Sejarah BSC


Balanced Scorecard (BSC) pada awalnya dikembangkan oleh Dr. Robert Kaplan dari Harvard University dan Dr. David Norton sebagai kerangka kerja untuk mengukur kinerja organisasi memakai serangkaian pengukuran kinerja yang lebih BALANCED. Secara tradisional perusahaan hanya memakai kinerja keuangan jangka pendek sebagai ukuran keberhasilan. "Balanced scorecard" menambahkan langkah-langkah strategis non-keuangan embel-embel untuk gabungan supaya lebih fokus pada keberhasilan jangka panjang. Sistem ini telah berkembang selama bertahun-tahun dan kini dianggap sebagai sistem administrasi strategis yang terintegrasi.

 yakni perencanaan strategis dan sistem administrasi yang dipakai organisasi untuk Pengenalan Dasar Balanced Scorecard


Diadaptasi dari Robert S. Kaplan dan David P. Norton, "Menggunakan Balanced Scorecard sebagai Sistem Manajemen Strategis," Harvard Business Review (Januari-Februari 1996): 76.


Sementara frase balanced scorecard diciptakan pada awal 1990-an, akar dari jenis pendekatan ini mendalam, dan termasuk karya pionir General Electric pada pelaporan pengukuran kinerja pada tahun 1950-an dan pekerjaan insinyur proses Perancis (yang membuat TheTableau de Bord - secara harfiah, "dasbor" ukuran kinerja) di awal masa ke-20.


Pendekatan gres untuk administrasi strategis ini pertama kali dijelaskan dalam serangkaian artikel dan buku oleh Drs. Kaplan dan Norton dan dibangun di atas pekerjaan oleh Art Schneiderman di Analog Devices. Menyadari beberapa kelemahan dan ketidakjelasan pendekatan administrasi sebelumnya, pendekatan balanced scorecard menawarkan resep yang terperinci mengenai apa yang harus diukur oleh perusahaan untuk 'menyeimbangkan' perspektif keuangan.


Kaplan dan Norton mendeskripsikan penemuan balanced scorecard sebagai berikut:

"Balanced scorecard mempertahankan langkah-langkah keuangan tradisional. Tapi ukuran keuangan menceritakan kisah insiden masa lalu, dongeng yang cukup untuk perusahaan usia industri yang mana investasi dalam kemampuan jangka panjang dan hubungan pelanggan tidak penting untuk sukses. Langkah-langkah keuangan ini tidak memadai, namun , untuk membimbing dan mengevaluasi perjalanan yang harus dibentuk oleh perusahaan usia informasi untuk membuat nilai masa depan melalui investasi pada pelanggan, pemasok, karyawan, proses, teknologi, dan inovasi. "





Reference:

Adaptasi dari Strategy Management

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel