Rumah Tjong A Fie Daerah Wisata Di Kota Medan

Pesona Indonesia bukan hanya berasal dari pesona alamnya saja, namun kearifan lokal dan sejarah menjadi elemn penting lain yang turut memperlihatkan warna dan keeksotikannya.

Oleh lantaran itu, sangat rugi rasanya kalau anda melewatkan semua kenangan sejarah serta dongeng masa kemudian yang membentuk langsung bangsa Indonesia yang agung dan luhur. Berdasarkan hal tersebut, maka tak ada salahnya kalau sesekali kita melaksanakan perjalanan dan wisata dengan maksud menelusuri kenangan serta jejak masa lalau yang pernah hidup dan mengukir sejarha pada masanya masing masing.
Jika berbicara mngenai sejarah dan wisata, maka banyak sekali yang sanggup kunjungi, namun kalau anda berniat pergi ke Medang maka satu daerah yang namanya ajaib ini tampaknya harus masuk dalam daftar kunjungan anda. Tjong A Fie Mansion begitulah daerah ini berjuluk. Tjong A Fie Mansion merupakan sebuah rumah besar peninggalan seorang saudagar kaya keturunan etnis Tionghoa berjulukan Tjong A fie. Tempat ini menjadi begitu mempunyai makna dan sejarah besar, berkat peranan dan posisi sosial Tjong A Fie yang begitu besar pada masa lalu.

Tjong A Fie pada masanya merupakan seorang pengusaha, bankir , dan kapitan yang sangat sukses dan terkenal. Ia lahir di Guangdong, Tiongkok sebelumnya ia kesannya pergi hijrah ke Hindia Belanda dan membangun usahanya di Medan, Sumatera. Berkat posisinya dikala itu ia mempunyai koneksi bersahabat dengan orang-orang besar, baik dari pemerintahan kerajaan , sampai pemerintah-pemerintah kolonial belanda pada dikala itu. Tjong A Fie juga kemudian diangkat sebagai pemimpin etnis Tionghoa di Indonesia kala itu menggantikan sang abang Tjong Yang Hian.

Kesuksesan yang didapatkannya memang merupakan buah dari perilaku dan sifatnya yang pintar bergaul dengan semua kalangan dari banyak sekali macam etnis, dan berkat kepandaiannya dalam dunia dagang. Ia juga tidak segan bekerja pada toko temannya sewaktu pertama kali tiba ke Medan menyusul sang abang yang sudah terlebih dahulu merantau.

Dengan kekayaan dan posisinya yang sangat elok Tjong A Fie dikenal juga sebagai orang yang dermawan. Berbagai pembangunan di Kota Medan atau yang dulu berjulukan Deli ini tak lepas dari campur tangannya. Sebut saja beberapa daerah ibadah semacam Masjid Raya Al-Mashum, Gereja Uskup, Kuil Budha, Kuil Hindu, sampai bank dan banyak sekali macam layanan transportasi pembangunannya tak lepas dari derma Tjong A Fie. Bahkan menjelang ajalnya ia mewasiatkan untuk memperlihatkan seluruh kekayaanya kepada yayasan Toen Moek Tong untuk membantu banyak sekali bidang kehidupan ibarat pendididkan kepada anak rajin dan berbakat, juga santunan tragedi dan cacat tanpa pernah samasekali memandang ras atau etnis.

Kini rumah Tjong AFIe dikelola oleh keturunannya dan menjadi musium yang terbuka bagi siapa saja yang hendak berkunjung dan melihat sejarah dari Tjong A Fie beserta keluarganya. Rumah besar yang didirikan Tjong A Fie pada tahun 1900 itu dibangun dengan desain yang sangat elok dan unik, dengan perpaduan gaya Tiongkok yang sangat kental dengan kultur Eropa dan Melayu menciptakan rumah tersebut terlihat sangat berbeda dan menonjol dibanding yang lain. Di buka pertama kali pada dikala peringatan ulang tahun Tjong A fie yang ke 150 tahun, rumah bersejarah ini sekarang ditetapkan sebagai salahsatu bangunan bersejarah dan merupakan cagar budaya oleh pemerintah Medan.

Terletak tidak jauh dari restoran yang sangat populer dan merupakan restoran bau tanah dan bersejarah di kota Medan, ialah restoran Tiptop, untuk memasuki rumah Tjong A Fie anda hanya perlu membayar 35 ribu sebagai tiket masuk, dengan fasilitas guide yang akan memperlihatkan penerangan kepada anda

Kemegahan Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion ini bergotong-royong merupakan rumah tinggal yang kemudian dibuka untuk umum. Ketika berkunjung ke dalam rumah ini anda akan mendapati banyak sekali ruangan, dengan banyak sekali peninggalan dari Tjong A Fie. Pertama kali berkunjung anda akan melewati sebuah gapura besar dan masuk ke dalam halamannya yang cukup luas, sangat ibarat dengan rumah-rumah yang mungkin pernah anda lihat id dalam serial-serial film China lama.

Masuk ke dalam ruangan pertama ialah ruangan tamu, suguhan berupa kursi-kursi tempo dulu, foto-foto Tjong A Fie dan keluarga serta banyak sekali pernak-pernik lainnya, sperti vas bunga, lemari sampai keramik-keramik lengkap terpajang.
Rungan selanjunya merupakan ruangan makan, di mana anda akan mendapati sebuah meja makan yang cukup besar dengan perabotan makan tersusun rapih di atasnya.

Jika anda masuk ke dalam ruang tidur Tjong A Fie, maka banyak sekali benda antik dan kuno peninggalan sang taipan akan anda temukan. Kamar tidur ini menyimpan banyak sekali kenangan dari sang pemilik.

Anda juga sanggup menemukan sebuah ruangan yang digunakan oleh Tjong A Fie untuk beribadah. Semua peralatan ibarat persembahan, hio, dan pernak-pernik lainnya sanggup ditemukan di sini, lengkap dengan banyak sekali benda antik lainnya juga.

Selain itu banyak sekali ruangan lain disini, lantaran luasnya saja mencapi 8000 meter persegi. Di mana selain benda-benda antik, di bab belakang rumah juga anda masih sanggup menemui keturunan-keturunan dari Tjong A Fie.

Semua yang ada di dalam rumah ini sanggup anda nikmati bagaimana romantisme kejayaan sang taipan semasa ia hidup. Bagi anda yang sangat menyayangi sejarah dan tertarik dengan bermacam-macam benda antik dan kuno, rumah ini menyediakan dan mengakomodasi cita-cita dan kesenangan anda tersebut.

Lokasi Tjong A Fie Mansion
Rumah Tjong A Fie atau Tjong A Fie Mansion ini terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani, Medan Sumatera Utara. Jika anda pernah mendengar nama restoran Tiptop, maka rumah besar ini berada tidak jauh dari daerah tersebut, dan berada id seberangnya. Rumah ini juga terletak tidak jauh dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan. Lokasi : Google Maps

Penginapan Di Sekitar Tjong A Fie Mansion
Untuk maslah kemudahan spertinya bukan duduk masalah yang sulit, lantaran letak Tjong A Fie Mansion ini berada di tengah kota Medang. Oleh lantaran itu ketersediaan hotel banyak sekali kelas dan fasilitas sanggup anda dapatkan. Beberapa nama ibarat Kesawan Hotel, Royal Suit Condotel dan Hermes Palace Hotel Medan menjadi beberapa nama yang sanggup kemu reservasi.

Tips Berwisata
Bagi anda yang hendak berkunjung ke rumah Tjong A fie sanggup memperhatikan beberpa tips kecil berikut ini.
  1. Bagi anda yang ingin mengunjungi rumah besar ini waktu kunjungan mulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Pastikan jam kunjungan anda sesuai.
  2. Sebagai rumah yang sangat luas dan besr juga tua, kebersihan abu kadang menjadi maslah yang cukup sulit, terlebih, sekarang lokasinya tidak ditinggali, oleh lantaran itu bagi yang alergi abu sebaiknya persiapkan masker, berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu anda menemukan banyak sekali debu.
  3. Hormati segala bentuk peringatan, sehingga kelestarian dan keutuhan barang-barang antik di sana tetap terjaga.
This Article :
Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel