Cara Mengatasi Laptop Hang Total, Dijamin Sukses

Cara Mengatasi Laptop Hang - Laptop yang selalu hang tentu sangat menjengkelkan bagi kita. Saat sedang sibuk-sibuknya mengurus pekerjaan, kita malah dihadapkan dengan permasalahan lain yang menciptakan kepala semakin gundah.

bencana laptop hang ini sesungguhnya bukan hanya satu kategori permasalahan saja, namun ada banyak. misalnya laptop hang ketika gres dinyalakan, hang ketika booting, maupun hang ketika digunakan ketika menjelajahi internet. Adakalanya, laptop yang hang ini akan memunculkan pesan not responding, setelah itu kursor tidak dapat digerakkan sama sekali. Akhirnya, fix macet total.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini layarkomputer.com akan membahas gimana cara mengatasi laptop yang suka hang. Untuk solusi mengatasinya sendiri tentu berbeda dengan mengatasi laptop yang lemot. Laptop yang hang sudah tidak dapat diapa-apakan lagi, sebaliknya lemot mungkin masih digerakkan. Jadi, lemot dulu habis itu hang.

Laptop yang hang dapat tiba secara mendadak tanpa kita duga sebelumnya. Hal ini dapat terjadi pada sistem operasi Windows manapun baik itu Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10 sekalipun, semua dapat mengalami hang kapan saja.

Cara Mengatasi laptop hang

 Laptop yang selalu hang tentu  sangat menjengkelkan bagi kita Cara Mengatasi Laptop Hang Total, Dijamin Sukses

1. Pertolongan Pertama mengatasi Laptop yang sering hang

Cara pertama ini akan kami jelaskan secara singkat, bila berhasil biasanya bersifat sementara dan dapat tiba lagi sewaktu-waktu. Untuk itu, Anda dapat membaca poin selanjutnya sehabis poin ini selesai.

Anda dapat melaksanakan langkah-langkah berikut untuk mengatasi laptop hang/not responding ketika gres dinyalakan, ketika booting ataupun ketika sedang Anda gunakan.

a.) mengatasi dilema Laptop Hang ketika Booting/Masuk BIOS

  1. Restart laptop Anda, kemudian masuk ke mode BIOS dengan mengikuti perintah tombol BIOS di layar laptop Anda, kalau kami menggunakan F2 (laptop Lenovo). Untuk brand lain menyerupai ASUS, Acer, HP, Toshiba, Samsung, Dell dan yang lain, lebih baik sesuaikan saja dengan cara masuk BIOS-nya. Masing-masing vendor tentu mempunyai pengaturannya sendiri.
  2. sesudah masuk BIOS, pilih Advanced BIOS Features kemudian cari yang ada kaitannya dengan BIOS cache. bila sudah, pilih disable.
  3. Simpan dengan menekan F10, kemudian enter.

b.) mengatasi Laptop Hang ketika Baru dinyalakan (starting)

Saat pertama kali laptop dihidupkan dan ketika masuk Windows, adakalanya laptop menjadi hang. Hal menyerupai ini mungkin diakibatkan lantaran beberapa hal, antara lain:
  1. Aplikasi kegiatan windows bermasalah, dapat jadi lantaran missing file system, corrupt dan virus. Coba scan registry dengan CCleaner dan scan virus dengan Antivirus.
  2. RAM dan kipas kotor. Solusinya yakni membersihkannya. RAM menggunakan penghapus karet, fan menggunakan kuas maupun vacuum cleaner. bila ragu, bawalah ke teknisi.
  3. Kemungkinan yang lain dapat Anda tinjau ulang dengan lebih baik. Mungkin saja ini diakibatkan oleh motherboard yang bermasalah. Untuk mengatasinya, hendaknya bawa saja ke teknisi maupun service center terdekat. bila ingin mencobanya sendiri, bertanyalah kepada orang-orang yang lebih hebat terlebih dulu.

c.) mengatasi Laptop yang Not Responding

yup untuk cara cepat mengatasi problem ini, lakukan hal berikut:
  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc, kemudian pilih kegiatan yang not responding dan pilih end task.
  2. Alternatif lainnya silahkan tekan Ctrl + Alt + Del kemudian pilih salah satu opsi. bila ingin mematikan program, pilih saja Task Manager dan lakukan menyerupai uraian tadi. Namun, bila ingin menyudahi kegiatan secara keseluruhan, Anda dapat pilih Log-off maupun Restart.
  3. Biasanya laptop sudah dapat kembali wajar.

d.) mengatasi Laptop yang Suka Hang ketika Online/Internetan

yup untuk permasalahan ini, kelihatanya laptop Anda terkena virus maupun malware. Saat Anda internetan, Anda tidak akan sadar ada virus yang masuk. Bisa jadi lantaran Anda mendatangi situs ilegal maupun mendownload kegiatan yang aneh-aneh.

Untuk itu anda harus berhati-hati dan selalu sering melaksanakan scan menggunakan Antivirus terbaik. kemungkinan yang lain ialah menumpuknya temporary file, cache dan history pada browser Anda. Coba bersihkan dengan aplikasi CCleaner.

e.) mengatasi Laptop Hang ketika Bermain game

Ada beberapa penyebab laptop hang ketika digunakan untuk bermain game, contohnya:
  • Spesifikasi laptop kurang memadai
  • Kipas laptop mati
  • Harddisk bermasalah
  • VGA Card dan Processor sangat panas
  • Memori RAM maupun VGA Card mengalami kerusakan
Cara mengatasinya:
  • Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall
  • Pasang kipas (fan) komplemen maupun ganti gres
  • cek keadaan RAM dan VGA Card
  • Uninstall game tersebut

f.) mengatasi Laptop Hang yang Macet total

Tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard, akan muncul aneka macam opsi. Dengan menggunakan arah panah pada keyboard, pilih Log-off untuk Windows 7 dan Sign-out untuk Windows 10. tidak hanya itu, Anda juga dapat menentukan Restart maupun Shutdown. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
apabila sehabis menekan Ctrl + Alt + Del tidak muncul, coba tutup layar laptop Anda. Biasanya pengaturan layar yang belum dirubah (default) akan melaksanakan mode sleep secara otomatis. Tunggu saja hingga beberapa menit. sehabis itu, nyalakan laptop Anda kembali. Cek keadaan, masihkah menyerupai tadi?
bila masih menyerupai tadi, terpaksa Anda harus menekan tombol power selama 10 detik (dimatikan paksa). Memang cukup berisiko, tetapi untuk sesekali mungkin tidak apa-apa. kami malahan selalu mematikan laptop dengan tombol power, tetapi Alhamdulillah masih normal-normal saja laptop kami.

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, Anda juga sepertinya perlu membaca ulasan selanjutnya.

2. Scan dengan Antivirus

Apa sistem operasi yang Anda gunakan? bila Windows, tentu laptop Anda akan rentan terkena virus. apabila ada virus yang bersarang, mungkin saja akan menciptakan laptop Anda hang secara tiba-tiba. Virus ini dapat saja menghancurkan file sistem oleh lantaran itu menjadi corrupt maupun error.

Cara mengatasinya mudah. Pertama-tama, Anda harus mengecek laptop dengan fitur safe mode. Saat pertama kali laptop dihidupkan (booting Windows), masuklah dengan menekan tombol F8 sehabis itu pilih safe mode. bila sehabis itu laptop berjalan wajar, berarti ada tanda-tanda hambatan pada sistem operasinya.

Cobalah terlebih dahulu untuk melaksanakan scan dengan antivirus, lantaran mungkin saja ini ulah nakal dari virus.

3. Uninstall Program

bila laptop Anda hang tiba-tiba, mungkin itu disebabkan banyaknya kegiatan yang terinstall. bila Anda tidak begitu memanfaatkannya dan terasa tidak penting, lebih baik hapus saja. Lebih baik menggunakan aplikasi yang penting-penting saja.

4. Restore Windows

kalau scan virus kurang efektif, cobalah untuk melaksanakan Restore Windows pada laptop Anda. menerapkan restore berarti mengembalikan ke keadaan sebelumnya.

Adakalanya sistem mengalami crash, mungkin lantaran tumpang tindih driver maupun kegiatan aplikasi yang corrupt. Untuk itulah Anda perlu melaksanakan restore.

Cara praktisnya, tekanlah adonan tombol Windows Key + R. sehabis muncul jendela Run, ketik rstrui kemudian akan muncul kotak obrolan restore poin. Klik next >> pilih waktu/event yang ingin Anda restore >> Next dan lakukan proses restore hingga selesai.

Sampai di sini pada umumya laptop sudah berhasil dan berjalan tanpa hang.

bila gagal, mari lanjut ke poin berikutnya…

5. Perbarui Driver Laptop

Mungkin saja ada beberapa driver yang menjadikan laptop menjadi hang. Coba cari Device Manager pada Control Panel, sehabis itu lakukan update pada driver yang diinginkan. Anda juga dapat meng-uninstall lebih dulu kemudian restart laptop Anda. sehabis itu, install kembali driver tersebut menggunakan CD Driver bawaan laptop. Kalau tidak ada CD, Anda dapat menggunakan Driver Pack Solution sebagai alternatif.

6. Install Ulang Windows

Seperti yang kita tahu, laptop hang tidak semuanya disebabkan dilema hardware, dapat saja lantaran softwarenya. bila System Restore dan update Driver tidak berhasil juga, mungkin Anda perlu install ulang sistem operasinya. Bisa jadi sudah banyak hambatan pada direktori sistem oleh lantaran itu sulit untuk diperbaiki. Silahkan anda install ulang Windows dan install driver sesuai vendor laptop. hendaknya Anda gunakan CD Driver bawaan laptop semoga lebih kompatibel.

7. Cek dan Upgrade RAM

Sudah install ulang dan tidak berhasil juga? Coba bersihkan RAM laptop Anda dari debu dan kotoran.

Anda juga dapat menggunakan RAM lain yang sejenis untuk dipasangkan pada slotnya. Nyalakan laptop Anda kemudian cek laptop, apakah masih hang ataupun tidak.

bila Anda mengganti RAM dan ternyata berjalan normal, maka yang menjadi permasalahan sesungguhnya terletak pada RAM yang Anda gunakan sebelumnya.

8. Ganti Harddisk Baru

Harddisk yang rusak maupun badsector dapat saja menjadikan laptop menjadi hang ketika dinyalakan. Ini ialah kemungkinan terakhir. Harddisk badsector biasanya menciptakan laptop hang tanpa kita sadari sebelumnya.

tidak hanya RAM dan Harddisk, Anda juga perlu mengecek komponen lain yang sekiranya masih berhubungan. Mungkin banyak debu dan kotoran yang menjadikan laptop menjadi hang. Siapa yang tahu?

Yup, bila Anda ingin memperbaiki ataupun membongkar laptop seorang diri, ada baiknya bertanya-tanya terlebih dahulu kepada yang lebih ahli.

Itulah tadi pembahasan yang cukup panjang mengenai cara mengatasi laptop hang total semoga dapat membantu anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel